Strategi Menentukan Harga Jual Rumah

Oleh : Sarah Sherida, ST

Berniat untuk menjual rumah atau properti lainnya?

Sering kali di antara kita tidak mengetahui cara menentukan harga rumah yang hendak dijual.

Akibatnya, penentuan harga yang kurang tepat malah menimbulkan kerugian dan tidak ada nilai investasi.

Kita tak boleh salah dalam menentukan harga rumah. Pada dasarnya, menentukan harga rumah bisa kamu putuskan setelah mempertimbangkan hal-hal berikut ini loh. Yuk kita simak lebih lanjut!

  • Ketahui Harga Lahan

Pastikan harga lahan sudah sesuai dengan biaya akuisisi lahan serta biaya maupun pajak yang akan dibebankan seperti PPh, BPHTB, dll.

  • Sesuaikan dengan Business Plan

Sebelum menentukan harga jual, buat business plan terlebih dahulu dan pastikan semua biaya sudah diperhitungkan dalam business plan, termasuk biaya design, konstruksi, legal dan perizinan, hingga promosi dan alat pemasaran lainnya sudah dimasukkan sehingga tidak salah perhitungan.

  • Perhitungkan Project Period

Rentang waktu pengerjaan pembangunan rumah juga perlu menjadi perhatian. Pastikan anda sudah memperhitungkan kenaikan harga rumah dikarenakan faktor harga konstruksi yang naik setiap waktunya

  • Bandingkan Dengan Harga Kompetitor

Lakukan survei di lingkungan sekitar untuk mencari pembanding, apakah ada rumah sejenis—dengan tipe dan luas tanah yang hampir sama—yang  ditawarkan di sekitar rumah yang akan Anda jual. Harga jual rumah tersebut dapat Anda gunakan sebagai acuan.

  • Spesifikasi Bangunan Yang Ditawarkan

Spesifikasi bangunan saat ini seperti ukuran luas tanah dan bangunan, kondisi dan gaya rumah menjadi nilai tambah tersendiri dalam memasarkan rumah anda. Sesuaikan juga spesifikasi bangunan dengan segmen konsumen yang anda tuju.

  • Memiliki Keunggulan

Ketahui pasti keunggulan / unique factor produk rumah yang anda tawarkan, Keunggulan tertentu yang dimiliki tentunya bisa berpengaruh juga ke peningkatan harga jual rumah.

  • Validasi dan Verifikasi Dari Jasa Penilai

Gunakan bantuan jasa penilai agar calon konsumen mengetahui bahwa harga jual yang ditetapkan sudah layak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.