Mengenal Konsep Desain Industrial Untuk Hunian

Oleh : Sarah Sherida, S.T

Apa Itu Desain Industrial?

Konsep industrial merupakan salah satu gaya desain dimana rancangannya terfokus pada desain ala pabrik dengan adanya material ekspos, tampilan interior yang tampak tidak selesai, ataupun tampilan mekanikal yang tampak memukau

Perkembangan Desain Industrial

  • Tahun 1950 gaya desain arsitektur industrial pertama kali merebak di Eropa karena banyaknya bangunan bekas pabrik yang terbengkalai.
  • Seiring berjalannya waktu, penerapan gaya desain industrial tak hanya diperuntukkan pada bangunan serupa pabrik, namun juga merambah jenis properti lainnya
  • Kini, gaya arsitektur ini pun banyak diterapkan di rumah pribadi, hingga bangunan komersial seperti kedai-kedai kopi, restoran, hingga co-working space.

Kelebihan Gaya Industrial

  • Desainnya lebih ramah terhadap lingkungan
  • Membuat sirkulasi udara di dalam bangunan lebih lancar
  • Memberikan kesan sederhana
  • Hemat biaya
  • Memberikan kesan hangat dan nyaman

Ciri Khas Desain Industrial

Over-Expose

Salah satu ciri utama bangunan industrial adalah over expose. Artinya banyak hal yang dibiarkan “terlihat” dan ditata sedemikian rupa sehingga tampak rapi, berkonsep, dan bergaya.

Sumber : Pinterest, 2019

Memadukan Unsur Kayu dan Logam

Interaksi tekstur kayu dengan permukaan kasar dan metal atau logam berkilau, sedikit berwarna hitam, warna emas, atau tembaga merupakan ciri lain desain industrial.

Sumber: Pinterest. 2019

Identik Dengan Warna Monokrom

Selain dibiarkan polos dan terekspos, elemen-elemen pada bangunan industrial hanya akan ditampilkan dengan warna monokrom atau warna bumi seperti cokelat, abu-abu, dan hijau kusam.

Sumber: Pinterest. 2019

Menggunakan Material Daur Ulang

Material upcycle dan recycle merupakan ciri utama pada bangunan industrial. Upcycle merupakan barang bekas yang dimodifikasi baru, sedangkan recycle adalah proses daur ulang barang bekas untuk digunakan kembali.

Sumber: Pinterest. 2019

Desain Lantai Unik

Rumah berkonsep industrial sangat menghindari penggunaan lantai granit atau keramik karena tampilannya tak sesuai dengan kesan dari gaya industrial.

Sumber: Pinterest. 2019

Sumber Referensi :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.